ads Perjuangan Guru saat Menghadapi Covid-19 - SD CITA BANGSA

Perjuangan Guru saat Menghadapi Covid-19

 Pendidikan pada masa pandemi Covid-19 tidak bisa dilangsungkan dengan cara-cara yang konvensional. Pada masa orang harus patuh pada aturan penjarakan fisik dan penjarakan sosial, siapa pun mesti mengikuti sistem pendidikan virtual atau digital. Ini tak bisa ditawar. Sekolah-sekolah tidak bisa menghindar dari aturan yang sangat memfungsikan internet dan perangkat komunikasi dan informasi yang lain itu.  Namun, pelaksanaannya dinilai belum efektif. Ini disebabkan 71 persen pendidik baru saja mengenal sistem pembelajaran daring sehingga kemampuan mereka mentransformasikan ilmu masih sangat terbatas. Bahkan beberapa di antaranya mengajar hanya menggunakan aplikasi WhatsApp. Akan tetapi dengan segala daya upaya, guru secara cepat belajar media daring dan membuat konten-konten kreatif pembelajaran.

 

Peringatan Hari Guru di SD Cita Bangsa


Pembelajaran jarak jauh juga sangat bergantung pada bagaimana guru memahami aneka metode virtual dalam menyampaikan pelajaran. Penguasaan guru terhadap aplikasi pembelajaran jadi sangat penting. Setelah itu, guru memang mesti menyampaikan materi-materi yang cocok disampaikan secara daring. Tentu yang paling dasar, sekolah mesti menyediakan internet yang memadai dan sarana serta prasarana lain yang memungkinkan pembelajaran jarak jauh efektif dan efisien.

 

Akan tetapi tidak semua tujuan pendidikan dan pengajaran bisa diwujudkan dengan metode-metode pembelajaran virtual. Daerah-daerah yang tak dijangkau internet tetap saja mendayagunakan guru. Demikian juga tak semua siswa bisa diajar secara daring. Untuk itulah diperlukan metode lain, yakni dengan sistem guru keliling (guling). Guru berkeliling ke kawasan-kawan yang ditinggali oleh peserta didik dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, para guru mengajar di kawasan itu. Dengan kata lain, sistem guling bisa diterapkan ketika orang tua, siswa, dan guru tak bisa memanfaatkan internet.

 

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah sisi psikologis para peserta didik. Karena tak ada interaksi dengan anak, mesti dikembangkan sistem pembelajaran yang touch feel. Jika pendidik belum bisa melakukan hal itu, maka orang tua haruslah mampu menjembatani ”sisi sentuhan” ini. Jadi, peran orang tua memang sangat diperlukan dalam situasi yang masih belum memperbolehkan pertemuan guru-siswa ini. Orang tua memang diharapkan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa baru yang tak tergantikan dalam masa pandemi ini.



You Might Also Like

0 comments